SISTEM KEMUDI
FUNGSI SISTEM KEMUDI
v
Sistem
kemudi adalah untuk membelokkan roda depan ke kiri dank e kanan dengan cara
mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang diteruskan ke
garpu depan (front fork).
v
Jari-jari
lingkaran perputaran dari suatu sepeda motor ditentukan oleh besar/kecilnya
sudut sewaktu stang dibelokkan dan juga ditentukan oleh besar/kecilnya
sudut kemiringan dari
sepeda motornya diwaktu menikung.
|
²
Batang
kemudi (handle bar) (1)
²
Penghubung/jembatan
garpu bagian atas (fork top brige) (2)
²
Pengapit/pengikat
stang (handle bar holder) (3)
²
Poros
kemudi (steering stem) (4)
²
Dudukan
peluru-peluru /kones bagian atas (top cone) (5)
²
Peluru-peluru
(steel balls) (6)
²
Karet
penahan debu/kotoran (dust seal) (7)
²
Dudukan
peluru-peluru bagian bawah/kones bawah (bottom cone) (8)
(gb.1)
GANGGUAN YANG TERJADI PADA
SISTEM KEMUDI
- Gangguan
:
a) Kemudi terasa berat
b) Kemudi terasa terlalu ringan
c) Kemudi yang cenderung membelok ke satu
arah
- Penyebab
:
- Poros
kemudi (steering stem) didikat terlalu kencang.
- Bola
baja tertahan pergerakannya karena pengencangan poros kemudi melewati
batas.
- Bola
baja pecah atau kekurangan gemuk (grease).
- Poros
kemudi tidak dapat berputar dengan lancar dan gerakannya berat apabila
satu atau lebih dari satu pelurunya tergores, aus atau pecah.
- Poros
kemudi bengkok
- Hal
ini dapat terjadi apabila pernah mengalami suatu benturan yang keras
akibat tabrakan.
- Tekanan
angina ban yang rendah
- Apabila
tekanan angina ban depan terlalu rendah, maka luas bidang kontak antara
ban dengan permukaan jalan akan bertambah besar sehingga kemudi menjadi
berat.
- Kedudukan
peredam kejut (shock absorber) tidak seimbang.
- Apabila
salah satu garpu depan lebih pendek dudukannya, maka pergerakan kemudi
akan cenderung menarikke arah bagian garpu yang pendek tadi. Kondisi ini
adalah akibat pegas peredam kejut yang tidak sama panjang bebasnya.
- Garpu
depan atau belakang bengkok.
- Hal
ini tidak mungkin terjadi kecuali bila motor pernah mengalami suatu
benturan yang keras (kecelakaan) atau motor pernah jatuh.
- Poros
roda depan bengkok.
- Apanbila
Poros roda depan bengkok, maka roda menjadi miring dan kemudi akan
cenderung bergerak kea rah bagian yang dituju roda yang miring itu.
PEMERIKSAAN DAN PENYETELAN
Pemeriksaan
keselarasan dari pergerakan system kemudi.
- Letakkan
balok kayu di bawah mesin sehingga roda depan terangkat.
- Belokkan
batang kemudi ke kiri dan ke kanan secara perlahan-lahan sambil merasakan
pergerakannya apakah lancar atau tidak. Sebelumnya perhatikan juga
kedudukan kabel-kebel jangan ada yang menahan kebebasan system kemudi.
- Apabila
kemudi terlalu berat atau terlalu ringan, putar mur pengikatnya sampai
mencapai ketepatan.
- Apabila
dengan cara pada nomor 3 masih tetap belum teratasi, lepaskan roda depan
dan sluruh sususan system kemudi sambil diperhatikan kemungkinan poros
kemudinya bengkok. Bola baja dan ddudukan
bola baja aus /retak atau
kemungkinan kurang gemuk pelumas.
- Periksa
tekanan angina ban (sesuai spesifikasi).
MEMBUKA POROS KEMUDI
Apabila
menggunakan jenis bearing yang terlepas (bola baja), tempatkan kain lap
dibawahnya, agar bola baja tidak berjatuhan/berantakan. (gb.2)
Buka
seal debu dank ones atas, sambil menahan poros kemudi dengan tangan yang lain,
kemudian buka poros kemudi dari rangka. (gb.3)
Catatan
:
|
Pemeriksaan :
Periksa
bola baja dari kerusakan atau keausan, ganti segera apabila perlu. (gb.4)
Catatan
:
|
Membuka
dudukan bola baja dapat dilakukan dengan alat Bantu yaitu , ball race remover.
(gb.5)
Memasang
dudukan bola baja (race) pada steering head dapat menggunakan alat Bantu yaitu,
driver dan attachment. (gb.6)
Catatan
:
|
PEMASANGAN POROS KEMUDI
Lumasi
dengan gemuk pada dudukan bola baja atas dan bawah kemudian pasang bola baja,
pastikan jumlahnya tidak kurang/lebih, kemudian masukkan poros kemudi hati-hati
agar bola baja tidak lepas dari dudukannya.
Pasang
poros kemudi pada satu tempat, kemudian pasang konus atas dan mur penyetelan,
kencangkan dengan torsi yang telah ditentukan.
Gerakkan
poros kemudi ke kiri dank e kanan, sampai menyentuh batas maksimum perputaran,
untuk menepatkan dudukan bola baja.
Pastikan
bahwa poros kemudi bergerak dengan lancar tanpa ada hambatan atau gangguan,
kemudian kendorkan mur penyetel.
Kencangkan
kembali mur penyetel dengan torsi 1.5 kgm kemudian kendorkan 1/8 putaran.
- Caster
Adalah sudut kemiringan dari poros
kemudi dalam satuan derajat.
Dengan menarik garis sejajar poros
kemudi, maka akan didapat suatu sudut yang dihitung dari garis yang mendatar
(horizontal).
- Trail
Adalah jarak antara titik potong dari
garis melalui poros kemudi dengan jalan mendatar, ke titik tumpu ban depan di
atas jalan.
Dari penjelasan kedua jenis ukuran
tersebut dapat disimpulkan bahwa lebih besar sudut casternya maka akan lebih
kecil jarak trailnya. Caster dan trail harus diperhitungkan secara tepat,
karena berhubungan serat sekali terhadap pengaruh kestabilan system kemudi dari
sepeda motor.
Catatan :
|
kok gambarnya gax ada boz?
BalasHapusFungsi bola baja apa?
BalasHapusCASINO CROWNSHIP - Mapyro
BalasHapus› casinos › casino › casino › casino 서귀포 출장샵 › casino-cr 익산 출장안마 › casinos › casino › casino › casino-cr A map showing casino gaming, poker, bingo, bingo and 아산 출장샵 poker rooms, 대전광역 출장안마 as well as other gambling 서울특별 출장샵 information.