MEMELIHARA
DAN MENGGANTI RANTAI
(OPSM 30-012 C)
RANTAI
RODA
Rantai merupakan bagian yang
menghubungkan antara roda gigi pada transmisi dengan gear pada roda belakang.
|
Penyetelan
Rantai
Bila jarak main (free play)
rantai roda terlalu kecil, maka rantai roda akan semakin tegang oleh akibat
gerakan dari suspensi. (gbr.1)
Dalam kondisi seperti ini, rantai
dan transmisi atau crank case bisa rusak oleh gesekan yang berlebihan, sehingga
akan mengurangi kemampuan kendaraan.
Bila jarak main (free play)
rantai roda terlalu besar, maka ayunan
rantai pada saat kendaraan sedang berjalan sangat besar. Dalam kondisi seperti ini, rantai bisa lepas
dari sprocketnya, dan dapat merusak parts yang lainnya.
Periksalah ketegangan rantai roda
pada titik tengah diantara kedua sprocket, dengan posisi gigi transmisi pada
keadaan netral dan kendaraan pada posisi standar tegak.
Lakukan prosedur berikut untuk
penyetelan rantai roda, yaitu :
a. Kendorkan poros roda belakang.
b. Kendorkan adjuster lock nut.
c. Putar adjuster lock nut atau
adjuster bolt untuk menyetel ketegangan rantai roda.
d. Pastikan skala kiri dan kanan
berada pada posisi yang sama.
Jarak lentur (main bebas).
Rantai
roda : 10 -
20 mm
Khusus WIN & GL Pro : 20 – 30 mm
Saat sepeda motor berjalan,
suspensi bergerak naik turun sehingga
jarak antara pusat sprocket depan dan belakangh akan berubah-ubah. Oleh karena
itu, perlu penyetel rantai roda, agar pada saat sprocket bergerak turun naik
oleh akibat gerakan suspensi, rantai tidak terlalu tegang atau terlalu kendor.
|
Catatan :
|
|
Untuk rantai roda yang terdapat
sambungan, posisi pemasangan pada bagian ujung yang terbuka dari chain clip
harus berlawanan dengan arah putaran rantai roda.
Untuk menghindarkan terlepasnya
chain clip oleh akibat benturan dengan chain guide atau dengan benda yang
lainnya.
|
Pastikan pergerakan antara pivot
dan pin pada rantai roda dapat bergerak dengan lancar, apabila terjadi
kekakuan, berikan minyak pelumas.
|
||||
|
||||
|

|
Untuk rantai dengan O-ring
pembersihan kotoran dengan deterjent yang tepat, keringkan kemudian pakai gear
oil SAE 80 atau 90.
Periksa sprocket dari keausan dan
kerusakan
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar